Apa sih itu Bitcoin?

Apa itu Bitcoin?
Bitcoin adalah jenis uang baru yang dapat dikirim dari satu orang ke orang lain tanpa membutuhkan pihak ketiga yang terpercaya seperti bank atau lembaga keuangan lainnya; ini adalah mata uang global pertama yang terdesentralisasi.
draft-img
Apa itu Bitcoin, teknologinya?
Bitcoin awalnya dirilis pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto sebagai perangkat lunak dan makalah yang menjelaskan cara kerjanya. Karena Bitcoin pada dasarnya adalah perangkat lunak, siapa pun dapat menjalankannya di komputer mereka, dan karenanya berpartisipasi dalam ekonomi global.

Salah satu elemen terpenting dari Bitcoin adalah blockchain, yang melacak siapa yang memiliki apa, mirip dengan cara bank melacak aset. Apa yang membedakan blockchain Bitcoin dari buku besar bank adalah bahwa ia didistribusikan, yang berarti siapa pun dapat melihatnya. Karena Bitcoin terbuka, tidak ada perusahaan, negara, atau pihak ketiga yang mengendalikannya, dan siapa pun dapat berpartisipasi.

Apa itu bitcoin, mata uangnya?
Seseorang dapat menggunakan bitcoin untuk membeli barang di internet dan di toko. Berikut ini adalah beberapa properti unik Bitcoin:

Bitcoin bersifat global: Bitcoin dapat dikirim ke seseorang di seluruh dunia semudah memberikan uang tunai di counter. Bitcoin tidak ditutup pada akhir pekan dan tidak memberlakukan batasan sewenang-wenang.

Bitcoin tidak dapat diubah: Bitcoin seperti uang tunai yang transaksinya tidak dapat dibalik oleh pengirim. Sebagai perbandingan, kartu kredit, sistem pembayaran online populer, dan transaksi perbankan dapat dibalik setelah pembayaran dilakukan - terkadang berbulan-bulan setelah transaksi awal.

Bitcoin bersifat pribadi: Saat membayar dengan bitcoin, tidak ada laporan bank, dan seseorang tidak perlu memberikan informasi pribadi yang tidak perlu kepada pedagang. Transaksi Bitcoin tidak mengandung informasi pengenal selain jumlah dan yang terlibat.

Bitcoin aman: Karena sifat kriptografi jaringan Bitcoin, pembayaran Bitcoin pada dasarnya lebih aman daripada transaksi kartu debit / kredit standar. Saat melakukan pembayaran Bitcoin, tidak ada informasi sensitif yang perlu dikirim melalui internet. Risiko informasi keuangan Anda disusupi, atau identitas Anda dicuri, sangat kecil.

Bitcoin terbuka: Setiap transaksi di jaringan Bitcoin dipublikasikan secara publik, tanpa kecuali. Ini berarti tidak ada ruang untuk manipulasi transaksi, mengubah jumlah uang beredar, atau menyesuaikan aturan di tengah permainan. Perangkat lunak yang membentuk inti Bitcoin gratis dan bersumber terbuka sehingga siapa pun dapat meninjau kodenya.
betotally
betotally-logo